Strategi – Strategi Marketing Dalam Perusahaan E-Commerce

Di seluruh dunia, kurang lebih sebanyak 40% pengguna internet aktif melakukan kegiatan jual beli melalui situs. Pertumbuhan dari e-commerce Yang semakin pesat membuat perubahan dari banyak orang karena kemudahan serta kenyamanan ketika akan melakukan transaksi. Semakin pesatnya perkembangan pasar digital tersebut, para pelaku e-commerce juga dituntut untuk terus menemukan nafas inovasi serta melakukan berbagai pendekatan kepada konsumen untuk menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan.

E-commerce kelas kecil serta menengah biasanya akan menggunakan media komunikasi berupa surel atau email, ataupun aplikasi chat seperti whatsApp ataupun Line. Hal tersebut dilakukan untuk menjadi penjembatan interaksi dari penjual dan juga pembeli. Walaupun dapat dikatakan efektif, media tersebut kurang mampu memenuhi real time Communication  yang sebenarnya dibutuhkan oleh pihak konsumen. Mayoritas konsumen biasa nya menginginkan proses pemesanan produk lebih cepat tanpa harus menunggu selama berjam – jam.

Berikut adalah beberapa strategi marketing dari perusahaan e-commerce agar tujuan bisnis dari perusahaan tersebut dapat cepat tercapai :

  • Membuat content marketing

Membentuk brand awarness  untuk meningkatkan traffic serta konversi pada e-commerce milik Anda. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan marketing yang biasanya dapat dimanfaatkan melalui video, poscast, blog,media sosial, untuk mempopulerkan produk kepada masyarakat. Content marketing menggunakan media blog dapat berupa ulasan Dari produk, tips serta trik, dan  memberikan solusi dengan tujuan untuk mempromosikan barang yang ditawarkan, sehingga kemudian online presence pada perusahaan yang Anda jalani akan dapat ditingkatkan.

Meningkatkan pelayanan dan juga kemudahan pada proses pemasangan dengan media sales cha saat ini platform komunikasi untuk mendukung bisnis E-commerce dengan fitur sales chat atau  e-commerce chat. Kedua fitur tersebut memenuhi kebutuhan dari penyusunnya dalam kaitannya dengan kemudahan ketika memproses produk. Biasanya beberapa situs menawarkan fitur fitur seperti order database, user database, inventory, shipping database, dan lain nya.  Hal ini dapat membuat Anda mendapatkan invoice melalui chat dengan sang agen secara langsung.

E-Commerce

  • Selaraskan produk dengan situs e-commerce agar sesuai dengan target pasar

Supaya Anda dapat memenuhi kebutuhan konsumen, Anda dituntut untuk berpikir layaknya target konsumen. Misalnya ketika memasarkan produk yang ditujukan kepada remaja, Anda harus menarik perhatian dari target pasar tersebut agar betah menjelajahi situs yang Anda kelola. Untuk menarik pasar tersebut, Anda dapat menggunakan cara dengan melakukan design pada situs e-commerce Anda atau media sosial dengan warna yang cerah dan mewakili kesan semangat dari anak muda.

  • Memberikan promo ongkir gratis

Penelitian di bidang e-commerce, dikatakan juga memiliki banyak sekali manfaat ketika seorang pebisnis memberikan ongkos kirim gratis kepada konsumen dalam usahanya. Konsumen akan menjadi lebih tertarik untuk berbelanja pada situs tersebut bila biaya kirimnya gratis. Kurang lebih sebanyak 70% responden memberikan kepercayaan pada situs situs e-commerce yang memberikan ongkos kirim gratis dalam pembelian produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *