strategi pay per click untuk pengembangan toko online

Pay Per Click (PPC) merupakan sebuah media yang sangat pas untuk mempromosikan situs e-commerce atau toko online Anda ke pengguna internet di seluruh dunia. Akan tetapi, untuk sebuah toko online lokal, target audiens yang terlalu luas tentu tidak efektif. Supaya lebih terarah, target pasar harus ditentukan. Jangan terlalu luas atau pun terlalu sempit. Untuk itulah kemudian hadir PPC lokal yang bisa Anda manfaatkan. PPC lokasi ini menjadi salah satu strategi yang efektif untuk mengampaikan info dan pesan terkait produk kita kepada audiens lokal yang pas. Khusus pada uraian ini, akan dibahas bagaimana cara menggunakan iklan PPC agar lebih terarah dan tepapt sasaran. Untuk Anda yang sudah lama mencari strategi mengoptimalkan PPC, langsung saja ikuti pembahasannya berikut ini.

 

  1. Tentukan target promosi yang tepat

 

Mencari target promosi untuk iklan PPC lokal bisa dibilang jauh lebih mudah dari yang pernah Anda bayangkan. Jika selama ini Anda telah memakai iklan di BingAds atau Google Adword, itu artinya Anda sudah setengah jalan. Jika belum, masih banyak pilihan untuk mengatur promosi iklan agar lebih efisian dan praktis. Tentukan target audiens yang sesuai dengan toko online Anda. Baik Adwords maupun BingAds memiliki tools yang cukup bagus untuk pentargetan lokasi. Anda bisa menargetkan audiens dengan memilih negara, propinsi, wilayah, bahkan sampai kode pos tertentu. Iklan PPC biasanya memerlukan waktu untuk riset, set up, optimasi, dan pemeliharaan. Jika Anda ingin beriklan secara cepat dan tidak memakan waktu, Anda bisa pakai Google Adwords Express.

 

Dengan menggunakan Google AdWords Ekspress, pengiklan sangat mungkin untuk mengatur iklan hanya dengan hitungan menit. Si pengiklan cukup mengupload informasi tentang alamat web, nomor telepon, serta lokasi toko online. Adword Ekspress ini memang sangat membantu Anda untuk beriklan secara cepat. Akan tetapi, kekurangannya adalah Anda tidak bisa memilih kata kunci sendiri. Semuanya berjalan secara otomatis.

 

  1. Extension Iklan Beri Banyak Keuntungan

 

Extension iklan menawarkan berbagai tujuan iklan online yang bisa Anda manfaatkan. Untuk strategi PPC lokal, ekstension lokal ini benar-benar penting. Semua ekstention harus dimasukkan dalam promosi iklan. Dari sekian banyak Ekstension, ada tiga jenis ekstension yang paling menonjol dan banyak dipakai oleh pengiklan lokal. Ekstension yang pertama adalah Call Extension, yaitu extension yang memungkinkan di pengiklan untuk memasukkan nomor telvon ke dalam iklan mereka. Selanjutnya, nomor yang tampil juga bisa diatur berdasarkan jam kerja. Lalu, fitur forwarding numbers pun tersedia di dalam BingAds atau AdWords yang berfungsi untuk melakukan pelacakan informasi lebih lanjut. Kedua, ada Location Extension, yaitu extension yang hadir bersamaan dengan nomor telepon sekaligus peta lokasi. Silahkan hubungkan BingAds atau AdWord ke Google My Business Anda untuk memasukkan semua informasi bisnis serta lokasi tempat dengan cepat pada tubuh iklan. Terakhir, Extension Callout, yaitu sebuah extension baru yang fungsinya hampir mirip seperti Sitelinks. Akan tetapi, extension ini memungkinkan si pengiklan untuk mengoroti aspek tertentu dari bisnis yang tidak ada kaitannya dengan hyperlink atau direct page ke situs.

Demikian adalah dua cara mudah untuk mengatur strategi dalam beriklan di Adword atau BingAds dengan tipe iklan PPC. Untuk Anda yang masih awam, pelajari dulu dasar-dasar iklan PPC. Setelah itu, lakukan dua strategi di atas agar iklan PPC berjalan lebih terarah dan tepat sasaran.

Artikel Terkait : Menggunakan Strategi Affiliate Marketing Untuk Bisnis Anda

One thought on “Strategi Pay Per Click untuk Pengembangan Toko Online”

Comments are closed.