Moneytizing Blog secara sederhana bisa diartikan sebagai proses menguangkan blog. Artinya, Anda bisa menerapkan metode-metode tertentu untuk menghasilkan uang dari blog yang sedang Anda kelola. Konten-konten yang ada di blog menjadi pendukung utama agar bisa menghasilkan uang. Uang yang dihasilkan bisa sangat bangak bergantung pada aktivitas di blog tersebut. Anda yang mendapatkan sekitar US$ 4,000 – US$ 5.000 per bulannya, ada juga yang di bawahnya atau yang lebih dari itu. Bagaimana metode moneytizing blog yang bagus? Ini dia lima cara mudah menghasilkan uang lewat blog pribadi.

 

  1. Tingkatkat Traffic Pengunjung

 

Jika Anda ingin mendapatkan uang dari blog Anda, maka Anda harus punya traffic yang bagus. Tanpa traffic, rasanya mustahil untuk mendapatkan penghasilan. Bagi pemula, fokuslah dulu untuk mendapatkan traffic yang banyak. Caranya dari mana? Buatlah konten yang menarik supaya banyak pengunjung penasaran dan mengunjungi situs Anda. Setelah itu, Anda bisa memasang Adsense, affiliate marketing, jual produk sendiri, dan banyak lainnya. Tetapi sebelum itu, sekali lagi ditekankan perbaiki traffic dulu minimal tiap hari 100 pengunjung.

 

  1. Pahami SEO, tapi jangan terlalu fokus

 

Para blogger pasti tahu bahwa SEO (Search Engine Optimation) itu penting. Akan tetapi, jangan terlalu fokus hanya pada SEO sehingga banyak membuang-buang waktu Anda. Untuk para blogger, SEO ini hanya sebagai faktor pendukung, bukan inti, inti dari blog Anda sebenarnya kontennta. Ilmu SEO sendiri ini sebenarnya sangatlah banyak. Anda bisa pelajari perlahan-lahan. Yang lebih penting adalah konten dari blog Anda. Jika Anda berhasil membuat konten yang menarik dan membuat orang-orang penasran, ini malah lebih bagus dari sekedar SEO. Sebagian besar blogger malah terlalu fokus pada SEO dan lupa untuk menghasilkan konten yang bagus.

 

  1. Jangan Buat Blog “es campur”, pilih saja sau topik utama

 

Sebagian besar blogger pemula senang sekali membuat blog campur-campur. Mereka tidak fokus pada satu tema. Blog tersebut kadang isinya tentang kesehatan, kadang tentang bisnis, kadang juga tentang teknologi. Untuk menghindari kebosanan membuat konten, blog campur-campur ini memang lebih mudah. Akan tetapi, untuk bisa mengembangkan blog semacam ini sangat susah. Ada baiknya Anda memilih satu tema saja yang benar-benar Anda kuasai, lalu kembangkan terus blog tersebut. Pengunjung yang tertarik bisa terus berlangganan blog Anda.

 

  1. Jangan terlalu sering menerbitkan konten jika memang belum mampu

 

Pernah ada yang bertanya, seberapa sering kira-kira menerbitkan artikel di blog? Jawabannya tentu berbeda-beda sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda mampu membuat 2 artikel per hari, silahkan terbitkan dua artikel. Jika hanya bisa satu artikel per hari, terbitkan satu artikel. Intinya, Anda harus konsisten dalam menerbitkan artikel. Lebih baik satu artikel per hari tetapi rutin daripada hari ini menerbitkan 10 artikel, besoknya 3 artikel, dua hari berikutnya tidak sama sekali. Ini akan sangat mempengaruhi traffic blog.

 

  1. Buat konten terbaik

 

Poin kelima ini sebenarnya adalah poin yang paling penting. Untuk bisa mendapatkan uang dari blog, Anda harus punya konten yang bagus. Usahakan konten-konten yang Anda buat adalah konten yang shareablle. Artinya, pengunjung yang telah membaca tertarik untuk membagikan artikel Anda. Jika Anda selalu berhasil membuat konten yang seperti ini, dijamin traffic blog akan aman dan uang pun akan terus mengalir. Demikian lima cara mudah moneytizing blog Anda.