kiat sukses toko online dengan youtube campaign

Untuk bisa bertahan di dunia usaha dengan persaingan yang ketat, Anda harus punya cara tersendiri untuk memperluas jangkauan pemasaran. Jika pasar semakin luas, bisnis pun akan terus berkembang. Selama ini, apa yang Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda? Apakah melalui media sosial Facebook? Twitter? Instagram? Endorse? Atau Flyer? Cara yang disebutkan di atas mungkin sudah sangat biasa. Untuk memperluas pasar, Anda bisa mulai menggunakan youtube campaign. Youtube adalah sebuah layanan hosting video online. Di youtube, orang bebas berbagi video atau mencari video. Layanan video hosting ini sangat populer di hampir seluruh dunia.

Memperluas pemasaran toko online dengan menggunakan youtube campaign ini sangat tepat. Mengapa demikian? Karena popularitas youtube sudah tidak diragukan lagi. Fitur-fiturnya juga sangat banyak. Nah, sama seperti media sosial lainnya, Youtube sangat memungkinkan adanya interaksi antar manusia di seluruh dunia. Ini bisa jadi media pemasaran yang sangat efektif. Terlebih lagi, sekarang ini orang-orang cenderung lebih senang melihat video daripada sekedar gambar atau tulisan. Jika Anda menggunakan youtube untuk media pemasaran toko online, ini pasti akan sangat menguntungkan. Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari memasang youtube campaign.

 

Beberapa keuntungan menggunakan youtube campaign untuk toko online adalah bisa dengan mudah mendemonstrasikan produk, menciptakan komunitas, membangun branding bisnis, memanfaatkan kegiatan event, menghemat bandwith, dan memecahkan masalah customer terkait produk Anda. Lalu, bagaimana cara mengelola youtube untuk bisnis? Sebagai pemula, Anda harus belajar dahulu fitur-fitur yang ada pada Youtube seperti Youtube Video. Youtube Analytics, Youtube Advertising, dan Youtube Channels. Setelah paham fitur-fitur ini, Anda bisa lanjut ke beberapa tips yang akan memudahkan Anda mengelola youtube Anda.

 

  1. Gunakan Call to Action

 

Idealnya video campaign yang Anda buat harus mengarahkan costumer untuk melakukan sesuatu, entah itu membeli produk, memberikan tanda suka, komentar, subcribe, atau yang lainnya. Oleh karena itu, Anda harus menyertakan call to action (CTA) dalam video youtube tersebut. Tujuan CTA ini bisa berbeda-beda sesuai dengan konten videonya.

 

  1. Kelola Feedback

 

Sama seperti media sosial lainnya, youtube juga memungkinkan Anda untuk berinteraksi degan orang-orang yang melihat video. Anda perlu memonitoring komentar yang masuk. Bila perlu, Anda pun bisa membalas komentar-komentar tersebut. Jangan lupa untuk memonitoring rating video. Kegiatan interaktif semacam ini bisa memberikan feedback yang baik pada costumer.

 

  1. Kelola branding perusahan

 

Harus ada ciri khas dari video-video yang Anda unggah di youtube untuk memperkuat branding perusahaan. Hal-hal sederhana seperti menampilkan logo pada awal dan juga akhir video bisa jadi cara untuk memperkenalkan brand Anda. Orang yang menonton video tersebut secara tidak langsung juga akan terhubung dengan usaha Anda. Ciri khas ini harus konsisten agar mudah diingat customer.

 

  1. Unggah testimoni dari customer

 

Cara ini dilakukan untuk meningkatkan trust pada toko online Anda. mintalah video ulasan dari para konsumen yang sudah menggunakan produk Anda. Jika kadang gambar masih bisa menipu, tidak dengan video. Ulasan dari konsumen dalam bentuk video pasti akan meningkatkan trust toko online Anda.

BACA JUGA : Strategi Pay Per Click untuk Pengembangan Toko Online

Demikian adalah manfaat Youtube Campaign untuk pengembangan toko online Anda. Empat tips di atas juga bisa Anda praktikkan untuk mengelola yotube Anda sebagai media promosi atau pemasaran. Upload video unik secara konsisten agar traffick youtube terus meningkat.

One thought on “Kiat Sukses Toko Online dengan Youtube Campaign”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *