tips bisnis online

Sering kali kita berpikir bahwa bisnis online akan identik dengan kepemilikan website. Terutama website premium di mana kita harus membayar mahal untuk keanggotaan tahunan. Namun, sebenarnya tidak semua bisnis online membutuhkan website. Seiring dengan perkembangan teknologi, kita tidak harus menggunakan website dalam menjalankan bisnis online. Media sosial telah begitu gencar digunakan sehingga pegiat bisnis online pun bisa memanfaatkannya.

Apalagi, menggunakan media sosial memiliki beberapa kelebihan tersendiri. Di antaranya adalah lebih murah, mudah dan banyak penggunanya. Tidak dibutuhkan banyak dana untuk memulai bisnis melalui media sosial. Membuat akun media sosial juga gratis tanpa biaya. Besarnya jumlah pengguna media sosial serta tingginya angka transaksi belanja online via medsos dapat kita manfaatkan untuk membangun bisnis dari sini. Terdapat beragam media sosial yang bisa kita gunakan dalam memulai bisnis. Beberapa di antaranya yang populer kini adalah Facebook hingga Instagram.

Untuk bisa memulai bisnis online tanpa website ini, mulailah dari membuat akun media sosial terlebih dahulu. Download aplikasinya secara gratis melalui PlayStore atau AppStore di perangkat smartphone masing-masing. Install lalu daftarkan diri. Gunakan nama toko yang mencerminkan produk yang kita jual.

Posting produk-produk yang dijual di laman media sosial yang digunakan untuk berjualan. Usahakan untuk menggunakan foto yang tampak jernih dengan resolusi bagus. Hal ini bertujuan agar produk yang terpampang di foto tidak jauh berbeda dengan aslinya, terutama dari segi warna.

Lengkapi dengan keterangan seputar spesifikasi produk. Di antaranya adalah warna, bahan, ukuran, berat, cara menggunakan, dan lain-lain.

Di samping spesifikasi produk, sertakan pula ketersediaan produk, apakah ready stock atau harus mengikuti sistem pre order. Kita juga bisa menyertakan jumlah produk tersisa yang belum terjual.

bisnis online

Cantumkan juga format order serta nomor yang dapat dihubungi.

Kerap kali kita temukan beberapa toko online yang tidak mencantumkan harga sehingga kita harus menanyakan terlebih dahulu. Namun akan lebih baik apabila kita turut mencantumkan harga agar calon pembeli dapat mengetahui berapa yang harus ia bayar untuk barang tersebut. Cantumkan juga apakah harga sudah pas atau masih bisa ditawar lagi.

Jangan lupa untuk promosikan produk yang dijual dengan cara membagikan foto produk ke timeline di Facebook atau melalui InstaStory Instagram. Promosi bertujuan agar semakin banyak orang mengenal produk kita dan tertarik untuk membeli.

Berbisnis menggunakan media sosial membuktikan bahwa bisnis online tidak harus menggunakan website premium yang berbayar. Kita bisa menekan pengeluaran dengan memanfaatkan media sosial yang jauh lebih terjangkau. Walau tampilan media sosial tidak bisa dipersonalisasi layaknya website, namun kita bisa tetap mempercantiknya untuk menarik pembeli. Salah satunya adalah dengan memajang foto-foto yang beresolusi tinggi sehingga tampak jernih dan tidak pecah. Yang tak kalah pentingnya adalah memberikan pelayanan prima pada pembeli. Layani mereka dengan ramah dan segera merespon pertanyaan yang dilontarkan. Dengan demikian maka kita bisa memaksimalkan bisnis yang dimulai via media sosial.

Bukan tidak mungkin kita akan mendapat keuntungan besar dari berbisnis di media sosial. Jaga kualitas produk yang dijual agar tidak mengecewakan pembeli dan membuat mereka mau membeli lagi untuk kedua kalinya.
Dan satu lagi cara bisnis online dengan keuntungan besar adalah dengan cara bermain link referal di situs poker online. Cara link referal juga sangat mudah, coba anda kunjungi situs bandar capsa online untuk info lebih lanjut.

Demikian adalah uraian seputar bisnis online yang dapat kita jalani selain melalui website. Pemanfaatan media sosial tak kalah menguntungkan dibanding website dalam berbisnis.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Online Lewat Instagram!

One thought on “Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Membuat Website”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *