bisnis online dropship

Mendengar kata bisnis, seringkali kita akan langsung terpikir modal yang besar untuk memulainya. Baik bisnis online ataupun bisnis offline, pikiran akan modal yang besar tak akan bisa dihilangkan dari pikiran. Padahal, sebenarnya tidak semua bisnis pasti membutuhkan modal besar dalam memulainya. Ada beberapa bisnis yang tidak perlu modal besar supaya kita bisa menjalankannya. Salah satunya adalah bisnis dropship. Bisnis ini umum dijalankan sebagai salah satu bisnis online bagi para pemula. Kelebihan sistem dropship sangat beragam. Di antaranya adalah menghemat biaya, waktu dan tenaga. Kita bisa berjualan barang tanpa melakukan stok barang, proses pengemasan hingga pengiriman. Dropship juga bisa dikerjakan di waktu luang sehingga lebih fleksibel. Berikut adalah penjelasan lengkap seputar dropship dan cara mengikutinya.

Dropship adalah salah satu cara berjualan online di mana kita hanya bertugas meneruskan pesanan dari pembeli pada supplier. Pihak supplier lah yang nantinya akan mengirim produk ke alamat pembeli atas nama kita sebagai penjual. Dapat dikatakan bahwa dropship berarti kita membantu supplier dalam menjual barangnya.

Harga yang kita pasang nantinya akan lebih tinggi dibanding harga dari supplier. Selisih harga itulah yang akan menjadi keuntungan kita dalam berjualan dengan sistem dropship.

Umumnya ada beberapa toko yang menyediakan opsi dropship untuk para dropshipper. Kita tidak perlu membayar karena biasanya pendaftaran dropship ini gratis. Cukup katakan saja pada pemilik toko bahwa kita hendak mendaftar untuk menjadi dropshipper.

dropship bisnis online

  • Pajang aneka produk dari supplier di website atau media sosial kita sendiri. Cantumkan harga yang lebih tinggi dari harga yang ditawarkan supplier.
  • Jika ada pembeli yang melakukan pemesanan serta pembayaran, maka tugas kita adalah meneruskan pesanan tersebut kepada supplier. Serahkan data-data pembeli seperti nama dan nomor teleponnya beserta uang pembayaran.
  • Selanjutnya supplier yang akan mengirim barang pesanan tersebut ke alamat pembeli atas nama kita sebagai penjualnya.
  • Proses pengemasan dan pengiriman akan sepenuhnya dilakukan oleh supplier sehingga kita tidak perlu menyetok barang.
  • Berjualan dengan sistem dropship ini cenderung disukai oleh mereka yang baru memulai bisnis online. Karena mudah, murah dan menghemat waktu, tidak heran jika banyak pebisnis online pemula yang menerapkannya.
  • Kita juga bisa mencoba berjualan online secara dropship ini sebagai awal bisnis online di internet. Dropship akan tetap mendatangkan keuntungan apabila kita menjalaninya secara serius.

Walau tampak menggiurkan, namun sistem dropship juga tak luput dari kekurangan. Keuntungan yang didapat dari sistem ini terbilang kecil, sehingga lebih banyak dipilih oleh para pemula. Selain itu, mengingat kita tidak melakukan stok barang, maka kita tidak akan dapat memastikan ketersediaan stok yang masih ada. Kita juga tidak akan bisa melakukan quality control pada produk-produk yang terjual, termasuk memastikan apakah produk dikemas secara baik dan aman. Walau tugas kita hanya sekedar menghubungkan pembeli dan supplier, namun kepuasan pembeli tetaplah berada di tangan kita. Kita tidak dapat lepas tangan begitu saja akan komplain pembeli, seperti barang yang tak kunjung sampai atau pengemasan yang tidak aman. Untuk menyiasatinya, belilah dulu satu atau beberapa produk yang hendak dijual dari supplier. Fungsinya adalah untuk memastikan bahwa produk tersebut memang benar memiliki kualitas baik dan cara pengemasannya pun aman. Dengan demikian, kita akan semakin mantap dalam menjualnya pada pembeli.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Membuat Website !

One thought on “Bisnis Online Tanpa Modal Besar Melalui Dropship”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *